LELANG CHRISTIE’S KERAJINAN CINA ERA DINASTI QING

Pada lelang yang berlangsung pada bulan September 2017, Christie’s berhasil menjual beragam barang antik China berupa porselen – porselen dan keramik yang bernilai tinggi dengan tingkat kesuksesan barang lelang terjual berkisar 75% – 80% dari total alokasi lot lelang mereka.

Selain porselen dan keramik yang berupa vas, mangkuk, piring, dan guci, juga terdapat furnitur seperti kursi dan panel pemisah ruangan (partisi), pakaian kekaisaran dengan dua belas simbol naga, dan juga patung yang terbuat dari batu marmer putih. Semua barang antik yang dilelang memiliki kualitas dan detail yang luar biasa, sehingga dapat terjual dengan nilai fantastis, beberapa jauh melebihi dari kisaran nilai jual yang tertera pada pamflet yang disediakan. Misalnya salah satu item yang ditawarkan yakni Ya Yi Fengding dari perunggu yang berasal dari clan Ya Yi pada abad ke-18, terjual dengan nilai jual sebesar US$3,372,500. Atau sekitar Rp. 48,2 milyar dengan kurs 1 US$ = Rp. 14.300,-. Harga yang luar biasa untuk sebuah item yang luar biasa juga.

Secara umum, barang – barang antik yang ditawarkan merupakan peninggalan dari abad ke-17 sampai dengan abad ke-18. Yang meliputi dinasti Kangxi sampai dengan dinasti Qianlong, antara lain ada kursi terjual US$ 792,500 (Rp. 11,3 milyar), meja terjual US$ 432,500 (Rp. 6,3 milyar), partisi terjual US$ 200,000 (Rp. 2,8 milyar), vas porselen terjual US$ 612,500 (Rp. 8,7 milyar). Selain memiliki kondisi yang luar biasa, barang – barang antik tersebut juga memiliki peran penting pada masa nya.

(sumber : plcombs Asian Art)